GOtech news.id adalah blog tempat berbagi pengetahuan seputar Internet,Komputer dan Software

Breaking

Selasa, 23 Mei 2017

Jenis Hardware Pada Komputer

Buat kalian sobat ingin tau tentang Hardware disertai manffatnya .. kita lihat dibawah ini yaakk...

1. Prosesor

 

 

 

Prosesor adalah otak atau pusat pengendali komputer yang fungsinya untuk memproses semua kegiatan atau perintah atau eksekusi yang dilakukan komputer.

 

 

2.  Motherboard


 

 

Motherboard atau sering disebut juga papan induk yaitu tempat komponen-komponen elektronika yang saling berhubungan satu sama lain atau saling berinteraksi.



3. RAM (Random Access Memory)


 

 

Ram adalah unit penyimpan data yang tidak permanen, dengan kata lain data dalam RAM akan hilang jika listrik mati. Besar kecilnya komputer ditentukan oleh besar kecilnya RAM yang dimilikinya. Di samping itu RAM juga digunakan untuk memproses data. Dengan demikian kapasitas RAM harus cukup besar untuk menampung semua itu.


 

4. Harddisk


 

 

Harddisk adalah tempat penyimpanan data yang permanen, jadi anda tidak usah khawatir jika listrik sudah dimatikan. Di dalam Harddisk terdapat piringan megnetik untuk menyimpan data, sedangkan bagian mekanis untuk memutar piringan tersebut, serta head untuk membaca data.



5. VGA Card


 

 

VGA Card adalah singkatan dari Video Graphics Acceleretor yang fungsinya untuk mengolah data graphics untuk ditampilkan di layar monitor. VGA Card ditentukan dari ukuran RAM  nya, semakin besar RAM sebuah VGA Card maka semakin halus pula gambar yang dihasilkan.



6. Optical Drive (CD/DVD)


 

 

Optical Drive adalah alat pembaca untuk media penyimpan data berupa disk DVD / CD. DVD/ CD berupa kepingan cakram optik yang berisi data.



7.    Sound Card


 

 

Sound Card adalah bagian untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal suara.



8.    Monitor


 

 

Monitor adalah media untuk menampilkan gambar hasil output dari VGA Card.




9.    Power Supply


 

 

Power supply adalah perangkat keras berupa kotak yang isinya merupakan kabel-kabel untuk menyalurkan tegangan ke dalam perangkat keras lainnya. Perangkat keras ini biasanya terpasang di bagian belakang (di dalam) casing komputer. Input power supply berupa arus bolak-balik (AC) sehingga power supply harus mengubah tegangan AC menjadi DC (arus searah). Besarnya listrik yang mampu ditangani power supply ditentukan oleh dayanya dan dihitung dengan satuan Watt.



10.  Keyboard


 

 

Keyboard adalah sebuah papan ketik yang berisi semua model huruf, angka, karakter dan tanda baca yang menjadi sarana bagi pengguna komputer dalam memasukkan data ke komputer.



11.  Mouse

 


 

 

Mouse adalah sebuah alat penerima input yang berasal dari getaran suatu benda, alat tersebut digerakkan maka akan memberikan sinyal tertentu pada komputer sehingga bisa digunakan untuk memberikan instruksi yang diinginkan pemakai.



 


12.  Printer


 

 

Printer adalah alat output untuk mencetak data yang diolah oleh komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox