GOtech news.id adalah blog tempat berbagi pengetahuan seputar Internet,Komputer dan Software

Breaking

Selasa, 23 Mei 2017

Komponen dan Fungsi Pada Motherboard




Kali Ini saya membahas tentang komponen pada matheboard

Motherboard atau Mainboard komputer adalah papan utama pada komputer dimana pada papan tersebut terdapat perangkat-perangkat pendukung kerja komputer dan sebagai penghubung antara komponen - komponen komputer yang lain seperti: VGA Card, Hardisk, CD Room, Mouse, Keyboard, Printer, LAN Card dan perangkat lainnya. Selain itu didalam motherboard juga terdapat chip-chip controller yang bertugas untuk mengatur lalu lintas data di dalam sistem motherboard itu sendiri.



Bagian - bagian utama pada motherboard
 Berikut adalah komponen-komponen utama pada motherboard komputer:



 

 

 

 

1. Socket Processor.
 

 

Soket prosessor adalah komponen yang berfungsi untuk memasang prosessor pada motherboard sehingga prosessor dapat terhubung dengan motherboard dan terbaca pada sistem komputer. Jenis soket pada motherboard ini akan mempengaruhi jenis prosessor yang digunakan, karena didalam soket motherboard biasanya terdapat pin sebagai penghubung dari prosessor itu sendiri. Untuk itu sebelum anda membeli prosessor anda harus tahu terlebih dahulu jenis soket yang terdapat pada motherboard kita.

 

2. Slot Memori / Slot RAM
 

 

Slot memori / RAM (Random Access Memory) berfungsi untuk menancapkan memori RAM pada motherboard. Jenis dan model dari slot memori akan berpengaruh pada memori RAM yang akan digunakan. Jenis RAM berdasarkan slotnya adalah SD Ram, DDR, DDR 2 dan DDR 3. Sehingga sebelum kita membeli RAM untuk dipasang pada motherboard, kita harus mengetahui slot jenis apa yangterpasang pada motherboard kita. Jumlah slot memori pada moherboard juga berbeda-beda, ada yang mempunyai 4 slot memori, 2 slot memori atau bahkan hanya mempunyai 1 slot memori.

 

3. Chipset NortBridge
 

 

Chipset Nortbridge pada motherboard bertugas sebagai pengatur lalu lintas data antara prosessor dengan momori, frot side bus dan AGP bus. Selain itu Chipset NortBridge juga dapat mengatur kerja power management. Chipset nortbridge biasanya terletak disekitar soket prosessor.

 

4. Chipset Southbrigde
 

 

Chipset Nortbridge dan southbride adalah komponen yang selalu ada pada motherboard, karena komponen ini bertugas mengatur komponen-komponen lainnya. Chipset Southbridge pada motherboard berfungsi untuk mengatur kerja peripheral pada komputer seperti: IDE Controller, PCI Bus, ROM Bios, keyboard dan mouse, USB, LAN Card, Modem dan perangkat I/O lainnya.

 

5. Slot PCI Express x16 

 

Slot PCI Express x16 biasanya digunakan untuk menancapkan VGA Card generasi terbaru. PCI Express x16 mempunyai kecepatan proses yang lebih baik dibandingkan dengan PCI express biasanya.

 

6. Slot PCI Express x1
 

 

Slot PCI Express x1 digunakan untuk memasang peripheral komputer seperti LAN card atau kartu jaringan.

 

7. Slot AGP
 

 

 Slot AGP berfungsi untuk untuk menancapkan kartu VGA ke motherboard. Slot jenis ini sering digunakan sebelum adanya slot PCI Express sehingga slot ini hanya digunakan untuk VGA Card model lama.

 

8. Slot PCI
 

 

Slot PCI merupakan slot yang digunakan untuk menancapkan card ke motherboard. Card yang dipasang pada slot ini biasanya LAN Card. Slot ini biasanya berwarna putih dengan bentuk yang memanjang. Slot PCI mempunyai kecepatan dibawah slot AGp dan PCI Express.

 

9. Chipset BIOS  

 

Chipset ini berfungsi untuk menyimpan program dari BIOS, BIOS sendiri merupakan program kecil yang dimasukkan pada IC ROM yang berisi semua informasi perangkat pada sistem komputer. Didalam BIOS juga terdapat sistem penanggalan dan informasi tentang hardware komputer.

 

10. Bateray CMOS
 

 

Bateray CMOS berfungsi untuk memberikan daya pada BIOS, sehingga ketika komputer dimatikan pengaturan pada BIOS dan waktu pada komputer tidak akan kembali seperti semula. Untuk itu jika waktu pada komputer sering kembali ke semula atau tidak sesuai dengan waktu yang sesungguhnya, meskipun sudah di setting berulang kali, maka bisa dipastikan bahwa bateray CMOS tersebut sudah rusak.

 

11. Port SATA
 

 

Port SATA merupakan port yang digunakan untuk menancapkan atau menghubungkan dengan perangkat lain yang mempunyai port SATA pula, Perangkat yang mempunyai port SATA biasanya adalah Harddisk dan CD ROOM.

 

12. Port IDE
 

 

Port IDE digunakan untuk menghubungkan perangkat atau komponen komputer yang memiliki port IDE. Komponen komputer yang memiliki port IDE adalah CD Room dan Harddisk. Port ini dulu paling sering digunakan sebelumnya adanya port SATA.

 

13. Port Floppy Disk
 

 

Port ini digunakan untuk menghubungkan kabel yang mengarah pada Floppy disk. Perangkat ini memang sangat jarang sekali digunakan pada saat ini karena kebanyakan orang lebih suka menggunakan perangkat flashdisk dan CD Room sebagai media penyimpanan.

 

14. Port Kable Power
 

 

Port ini digunakan untuk menancapkan port pada kabel 20/24 pin power supply. Power supply akan memberikan sumber daya pada motherboard melalui port ini.

 

15. Back panel
 

 

back Panel adalah kumpulan port yang berada dibelakang dari motherboard. Port ini biasanya berisi port USB, PS/2 mouse dan keyboard, VGA Card, Sound Card dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox