GOtech news.id adalah blog tempat berbagi pengetahuan seputar Internet,Komputer dan Software

Breaking

Senin, 12 Juni 2017

Apakah Internt Protocol ?

Hasil gambar untuk internet protocol

Internet protocol atau yang sering dikenal sebagai IP adalah suatu aturan  yang mengatur suatu komunikasi di dalam jaringan internet. Internet protocol ini akan memberikan penukaran data dari suatu komputer menuju ke komputer lainnya. Protocol atau aturan ini berdiri atas beberapa kumpulan protocol atau aturan lainnya. Dalam pemakaian internet sendiri, mungkin hal ini tidak terlalu diperhatikan oleh pengguna internet. Dan faktanya ternyata penggunaan internet protocol ini merupakan hal yang penting dalam sebuah layanan internet. Walaupun protocol IP ini akan membawa data secara aktual, namun IP ini akan menyerahkan penyampaian data ini pada protocol yang lebih tinggi, yaitu Transmission Control Protocol yang biasa dikenal sebagai TCP.

 

 

Transmission Control Protocol (TCP) adalah sebuah protocol standar yang mengatur segala pertukaran data. Keberadaan TCP disini adalah supaya setiap perangkat komputer yang memiliki IP address ini bisa  dikenali. Internet protocol disini mencakup dua bagian yaitu, source Internet Protocol Address dan destination Internet Protocol Address. Kemudian  IP address atau alamat internet protocol ini juga dibagi lagi menjadi dua bagian, yaitu network address yang berarti alamat jaringan dan host address  / alamat host.



Semakin berkembangnya penggunaan internet, berbanding lurus juga dengan perkembangan Internet Protocol. Pekembangan protocol TCP/IP ini dikembangangkan pada akhir tahun 1970 – an sampai tahun 1980 – an. TCP/ IP ini merupakan sebuah protocol yang paling banyak digunakan. Karena protocol ini menggunakan skema yang sederhana, yang dikenal sebagai IP Address atau alamat internet protocol. IP Address atau alamat internet protocol ini memperbolehkan banyak komputer hingga jumlahnya beberapa ratus juta supaya dapat saling berhubungan di internet untuk satu sama lain. Protocol ini juga mengalami perubahan seiiring berjalannya waktu. Ada beberapa badan yang ikut mengembangkan protokol TCP/IP. Hal ini dilakukan karena terlihat kebutuhan akan internet dan jaringan komputer ini semakin meningkat. Badan yang ikut berpartisipasi dalam pengembangan ini adalah Internet Engineering Task Force (IETF), Internet Architecture Board (IAB), dan Internet Sociaty (ISOC). Sebuah alamat internet protocol  terbagi menjadi dua yaitu  HostID dan  NetID. Dalam sebuah Protocol TCP/IP, alamat internet protocol (IP Address) harus dimiliki  oleh setiap host yang akan berfungsi sebagai tanda pengenal dalam sebuah jaringan.



Semua komputer ini tidak akan memiliki sebuah IP address yang sama. Karena setiap komputer memiliki keunikan tersendiri. Penggunaan Internet Protocol ini juga mulai dirasakan sejak tahun 1981. Seiring berjalannya waktu, versi  dari internet protocol yang telah ada pun terus dikembangkan. Seperti keberadaan Internet Protocol versi 4 (IPv4) dan Internet Protocol versi 6 (IPv6). Kedua versi internet protocol ini memang memiliki perbedaan. Keberadaan internet protocol versi 4 (IPv4) ini makin disempurnakan dengan adanya Internet Protocol versi 6 (IPv6). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox